Minggu, 06 Mei 2012

Ranah 3 Warna


Adalah novel kedua kelanjutan dari novel Negeri 5 Menarakarya lulusan pondok Gontor Ponorogo yang bernama A. Fuadi. Rilis 23 Januari 2011, pernebit Gramedia Pustaka Utama. Jika pada Negeri 5 Menara tokoh shohibul menara menjadi tokoh utama, maka pada novel kedua ini lebih berfokus pada kisah si Alif. Mulai dari semenjak lulus dari Pondok Madani, ujian kesetaraan SMA, mengikuti UMPTN untuk masuk ke jurusan Hubungan Internasional UNPAD Bandung, dinamika kehidupan perkuliahan pada era awal 90-an, hingga kehidupan si Alif yang akhirnya bisa menginjakkan kaki di luar negri yakni di Kanada. Kehidupan Alif di Kanada selama satu semester bersama 14 teman-temannya itulah yang menjadi inti utama cerita. Sehingga barangkali itulah alasan penulis memberikan judul Ranah 3 Warna. Bisa diartikan perjalanan si Alif menginjakkan 3 tanah; yakni Indonesia, jazirah timur tengah, dan benua Amerika. Alasan lain mungkin berkaitan dengan daun maple. Daun khas Kanada yang juga menjadi simbol bendera negara, dan bisa mempunyai wujud 3 warna. Upaya Alif untuk bisa ke Kanada tak lepas dari mantra Man Shabara Zhafira. Siapa yang bersabar akan mendapatkan hasil. Bersabar itu aktif mencari solusi, bukan pasif.
Alif, Geng UNO, Raisa, Randai, Kak Marwan, Franc, Rusdi, Mado dan Ferdinand adalah beberapa tokoh yang akan muncul dan diceritakan di novel ini. Bagi yang sudah baca Negeri 5 Menara, tentu wajib membaca Ranah 3 Warna untuk menjawab rasa penasaran. Dan bagi yang mempunyai semangat untuk menjadi relawan komunitas menara, bisa mendaftar di sini. Bagi yang punya cerita menarik tentang mimpi sekolah di luar negri dan tercapai, barangkali cocok juga dijadikan buku inspirasi. Seperti buku atau novel populer sebelumnya; laskar pelangi, 40 days in europe, ranah 3 warna, dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Buku : The Chronicles of Ghazi 4

The Beginning of The Conquest The Chronicles of Ghazi 4 Seri ke-4 dari The Chroncles of Ghazi yang meceritakan tentang perjalan penaklukan K...