Rabu, 18 Oktober 2017

Perangkat Lunak Pengolah Kata : Microsoft Excel

Assalamualaikum

How are you guys, it's been a week. in this opportunity I will tell you a little data processing in Microsoft Excel. But simply i will write it in bahasa (sok inggris sih)

1. Menghitung Rata-rata Nilai

kamu memiliki sebuah data tabel yang harus diolah. Misalnya kamu memiliki nilai teman-teman sekelasmu. Kamu ingin mencari rata-rata nilainya. menggunakan Excel, kamu tidak perlu mencarnya satupersatu menggunakan kalkulator. ada cara yang cukup mudah untuk mencari rata-ratanya. Excel sudah menyediakan fungsi atau rumus di dalamnya. Berikut tahapannya :
Contoh data
      Untuk menghitung Rata-rata dapat menggunakan rumus fungsi pada icon fx. Kita menulis seperti berikut. jangan lupa menambahan tanda kurung di setiap fungsi.
=AVERAGE 

Sesudah memasukkan fungsi

Drag ke bawah, kolom di bawah tidak perlu di tuliskan satu persatu
2. Membuat Huruf Mutu


     Setelah mengetahui nilai rata-rata, kamu bisa menentukan huruf mutu. Pada dasarnya, huruf mutu adalah huruf kategorikal yang mengelompokkan beberapa rentang nilai tertentu. Pada kasus kali ini, jika>= 75 maka A, 65<=B<75, 55<=C<65, 45<=D<55, <45 adalah D. Untuk melihat cara membuat huruf mutu, lihat gambar berikut :
Rumus membuat huruf mutu

Drag ke bawah kembali

3. Membuat Status Lulus


     Pada dasarnya, sama seperti membuat huruf mutu namun dengan acuan huruf. Berikut caranya :

Rumus nya

Drag ke bawah


4. Menjumlahkan
    
     Menjumlahkan dapat dilakukan dengan Excel seperti berikut
Rumus SUM

4. Membuat Tabel Perkalian

     Membuat tabel perkalian. Dasarnya sama seperti perkalian biasa, namun menekan tombol f4 untuk mengunci posisi dari kolom atau tabel yang akan dipergunakan





5. Menggunakan Rumus VLOOKUP

    Tabel kali ini menggunakan VLOOKUP untuk memastikan sebuah NIM yang ada memang terdaftar dalam tabel itu


6. Memproses Data Currentcy

     Memproses data angka di Excel juga bisa menggunakan aturan sendiri. Seperti contoh untuk memproses angka berupa uang, kita bisa memilih ingin menggunakan mata uang apa.



Well, it is all Ican post. Thank you for reading it and do not forget to COMMENT :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Buku : The Chronicles of Ghazi 4

The Beginning of The Conquest The Chronicles of Ghazi 4 Seri ke-4 dari The Chroncles of Ghazi yang meceritakan tentang perjalan penaklukan K...